Grafik dalam Pembelajaran Untuk Pengajaran

Written By Unknown on Rabu, 29 Februari 2012 | 01.14

 Grafik dapat didefinisikan sebagai penyajian data berangka, tujuan umum membuat grafik adalah untuk memperlihatkan perbandingan, informasi kualitatif dengan cepat serta sederhana.
Ada beberapa macam grafik, masing-maisng jenis mempunyai cara penyusunan dan manfaat tertentu, sebagai berikut:
Grafik garis
    Grafik garis adalah yang paling tepat dari semua jenis grafik, terutama dalam melukiskan kecenderungan-kencenderungan atau menghubungkan dua rangkaian data, Suatu garfik garis hendaknya digunakan bila data itu berkelanjutan.
     Contoh : sumber grafik http://kadarsah.wordpress.com/2007/08/02/ Grafik diatas menunjukan rata-cara curah hujan selama tahun 2006 yang dirata-ratakan berdasarkan daerah lintang 20 LS-10 LU dan waktu yang digunakan selama 1 tahun( Januari-Desember 2006).
Grafik Batang
Grafik batang mungkin yang paling sederhana daripada semua jenis grafik, Grafik batang paling bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan diperbandingkan relatig sedikit, umunya tidak lebih dari delapan atau enam jalur. Contoh grafik :
Grafik Lingkaran atau piring
  Grafik ini adalah lingkaran sektor-sektor yang digunakan untuk menggambarkan bagian-bagian dari suatu  keseluruhan, secara proporsional dapat digambarkan melalui grafik ini dengan baik sekali.
Ada dua ciri umum dari garfik lingkaran
  1. Grafik itu selalu menunjukan jumlah atau keseluruhan jumlah
  2. bagian-bagiannya atau segmenya dihitung dalam persentase atau bagian-bagian pecahan dari keseluruhan
Grafik Wilayah dan Grafik Gambar
    Grafik Wilayah dalam bentuk persegi, lingkaran dan bentuk tidak teratur, kadang-kadang dipergunakan untuk memperbandungkan dua atau tiga hubungan keseluruhan, sedangkan bentuk-bentuk bergambar dipakai kepada grafik gambar.

Grafik Gambar
    Banyak penampilan yang menarik pandangan mata dari bentuk tiga dimensional yang diperoleh dengan warna rata,s ederhana, bentuk-bentuk gambar melaui grafik gambar, Gambar-gambar dalam grafik itu membentuk realisme dan minat,
Prinsip membuat grafik
  • Sederhana, berisi hubungan data, dapat dibaca dan difahami
  • Adanya perbandingan atau hubungan
  • Informasi dari jumlah-jumlah yang persis harusus ditunjukan, sebuah grafik di maksudkan untuk bercerita sekilas, menggambarkan perbandingan-perbandingan, kecenderungan-kecenderungan,serta hubungan-hubungan.
  • Lambang-lambang gambar hendaknya sudah menjelaskans sendiri
  • Kuantitas biasanya diperlihatkan dengan sejumlah lambang berserta ukuranya
Pemakaian Grafik dalam pengajaran
    Grafik paling baik digunakan pada materi dan ringkasan pelajaran setelah siswa memperoleh latar belakang informasi dari sumber-sumber lain. Grafik memvisualisasikan jumlah-jumlah dan hubungan diantara jumlah-jumlah melalui suatu jangka waktu, Grafik menjelaskan kesimpulan kuantitas tertentu tentang subjek utama, seperti urbanisasi selama jangka tertentu atau perbandingan produksi baja antar negara.
     Dalam prose belajar ringkasan kuantitatif dapat digambarkan dengan baik melalui grafik. Apabila siswa mempelajari produksi suatu negara atau keadaan pendudukanya akan lebih mudah dibantu dengan grafik, demikian pula bila membandingkan dan menghubungkan fakta dan data.

Sumber :
Media Pengajaran
DR. Nana Sudjana dan DRS. Ahmad Rivai
Sinar Baru Algensindo 
Bandung (2001)
Judul: Grafik dalam Pembelajaran Untuk Pengajaran
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis/ Disebarkan Oleh Unknown

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Anda dapat menyampaikan Kritik dan Saran melalui Kotak komentar di bawah ini.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...