Tujuan
pendidikan memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur,
pantas, benar, dan indah untuk kehidupan. Karena itu tujuan pendidikan
memiliki dua fungsi yaitu memberi arah kepada segenap kegiatan
pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap
kegiatan pendidikan.
Sebagai
suatu komponen pendidikan, tujuan pendidikan menduduki posisi penting
diantara komponen-komponen pendidikan lainnya. Dapat dikatakan bahwa
seluruh komponen dari seluruh kegiatan pendidikan dilakukan semata-mata
terarah kepada atau ditujukan untuk pencapaian tujuan tersebut. Dengan
demikian maka kegiatan-kegiatan yang tidak relevan dengan tujuan
tersebut dianggap menyimpang, tidak fungsional, bahkan salah, sehingga
harus dicegah terjadinya. Di sini terlihat bahwa tujuan pendidikan itu
bersifat normatif, yaitu mengandung unsur norma yang bersifat memaksa,
tetapi tidak bertentangan dengan hakikat perkembangan peserta didik
serta dapat diterima oleh masyarakat sebagai nilai hidup yang baik.
Sehubungan
dengan fungsi tujuan yang sangat penting itu, maka suatu keharusan bagi
pendidik untuk memahaminya. Kekurangpahaman pendidik terhadap tujuan
pendidikan dapat mengakibatkan kesalahpahaman di dalam melaksanakan
pendidikan. Gejala demikian oleh Langeveld disebut salah teoritis (Umar
Tirtarahardja dan La Sula, 37 : 2000).
Proses
pendidikan merupakan kegiatan memobilisasi segenap komponen pendidikan
oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan. Bagaimana
proses pendidikan itu dilaksanakan sangat menentukan kualitas hasil
pencapaian tujuan pendidikan. Kualitas proses pendidikan menggejala pada
dua segi, yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaannya. Kedua
segi tersebut satu sama lain saling tergantung. Walaupun
komponen-komponennya cukup baik, seperti tersedianya prasarana dan
sarana serta biaya yang cukup, juga ditunjang dengan pengelolaan yang
andal maka pencapaian tujuan tidak akan tercapai secara optimal.
Demikian pula bila pengelolaan baik tetapi di dalam kondisi serba
kekurangan, akan
mengakibatkan hasil yang tidak optimal.
Judul: Tujuan Dan Proses Pendidikan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis/ Disebarkan Oleh Unknown
Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Anda dapat menyampaikan Kritik dan Saran melalui Kotak komentar di bawah ini.
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis/ Disebarkan Oleh Unknown
Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Anda dapat menyampaikan Kritik dan Saran melalui Kotak komentar di bawah ini.